Seberapa penting membangun brand power dan brand equity rumah sakit ? Bagaimana caranya agar masyarakat seketika terfikir rumah sakit anda saat memerlukan fasilitas kesehatan baginya.Kunci utamanya adalah brand. Brand adalah image dan experience yang menjadi persepsi masyarakat terhadap suatu barang atau produk. Pengguna jasa biasanya yang pertama kali dilihat penampilan produk yang akan dia konsumsi menarik atau tidak. Seberapa kuatkah bran vision dan brand position yang dimiliki ?
Brand memiliki makna di luar fungsi yang ada dalam pikiran orang-orang juga brand merupakan bagian seni, ilmu bagian dalam tidak nyata namun dampak mendalam pengalaman subyektif seseorang dengan produk, kenangan pribadi dan asosiasi budaya yang mengorbit di sekitarnya.
Mengapa Brand harus dibangung sangat kuat ? Karena brand kuat itu sama nilainya dengan profitability perusahaan yang sangat bait. Disamping itu pula dapat berguna pagi perusahan dalam :
1. Meningkatkan kesadaran, preferensi dan niat untuk melakukan bisnis
2. Meningkatnya nilai jasa dan produk dan memungkinkan keuntungan harga
3. Meningkatkan loyalitas pelanggan
4. Meningkatkan nilai saham (5-7%) dibandingkan dengan competitor
5. Meningkatkan retensi karyawan dan menarik karyawan yang “the best and Brightes”
6. Tahan terhadap tantangan kompetisi dan kondisi negative ekonomi
7. Meningkatkan efektifitas iklan dan marketing ( dengan biaya yang lebih murah)
8. Meningkatkan paparan Media
9. Meningkatkan daya dalam mengatasi dan recover dari masalah serius dalam kegiatan
10. Mudah dalam ekspansi yang sukses
Sebagai contoh bagaimana Branding bekerja di salah satu fasilitas kesehatan diantaranya di Mayo Clinic-Minneapolis, MN. Mayo Clinic adalah salah satu merek layanan yang paling kuat di dunia dan merupakan komitmen yang paling compehensive, holistik dan tanpa kompromi untuk branding dalam industri perawatan kesehatan yang saat ini.Dibangun dari waktu ke waktu, dari visi pelayanan pelanggan bahwa membentuk ikatan emoitional antara Mayo dan pasien. Brand Mayo adalah suci dan mengendalikan setiap aspek model bisnis organisasi dan budaya, diantaranya :
1. Sebuah tim berorientasi, melakukan pendekatan kolaboratif untuk perawatan pasien melalui Mayo Clinic Model perawatan mereka.
2. Ada kompensasi gaji untuk semua staf
3. Pemasaran adalah sebuah tim merek, bagian hukum dan Dewan Gubernur Mayo aktif mengelola merek dan melindungi dalam dari pelanggaran internal dan eksternal
4. Setiap keputusan bisnis disaring melalui Mayo Acid Test untuk memastikan kegiatan kompatibel dengan nilai-nilai merek dan prinsip-prinsip.
5. Seluruh karyawan dan perusahaan asosiasi diajarkan untuk berinteraksi merek dengan pelanggan dan kolega
Sebagai Hasilnya,
1. Mayo menikmati ROI bintang dari fokus merek, meskipun jatuh tempo waktu pembayaran Madicare.
2. Pada tahun 2007 meningkatkan pendapatan 10% menjadi $ 6,9 B dengan marjin provite 3%.
3. Pendapatan dari perawatan pasien naik 5% untuk tahun ini, meskipun jumlah orang yang dirawat tidak berubah.
4. Dalam sebuah penelitian nasional, Mayo Clinic dipilih oleh hampir 30% dari responden memilih fasilitas mereka yang dipilih untuk perawatan jika didiagnosis dengan masalah medis yang serius.
5. Preferensi untuk Mayo adalah 3 kali lebih besar daripada institusi lainnya
6. 95% dari pasien Mayo Clinic sukarela melaporkan bahwa mereka mengatakan hal-hal baik tentang Klinik kepada orang lain
7. Responden ini berbicara dengan 44-47 orang yang berbeda setiap hari
8. Pimpinan Mayo Clinic menegaskan bahwa merek merupakan aset organisasi yang paling berharga dan tak tergoyahkan dalam komitmen untuk investasi di merek dan melindunginya
Strategi “online branding” bagi rumah sakit
Strategi ini sangat berguna bagi unit
1. Marketing
- Meningkatkan brand positioning banyak orang membicarakan tentang merek
- Mencapai segmen pelanggan baru
- Mengatur pesan pemasaran baru ( posisioning yang baru, kampanye baru pemasaran).
- Mengatur sebuah media komunikasi dengan pelanggan
- Meningkatkan lalu lintas ke situs web anda
- Mengumpulkan umpan balik pelanggan tentang produk
- Mengatur pengujian pengguna
- Membangun layanan pelanggan
- Peluncuran survey pelanggan
- Melakukan penelitian analisis pasar dan persaingan
2. Penjualan
- Meningkatkan kepuasan pelanggan
- Meningkatkan jumlah penjualan berulang
- Membuka sebuah saluran penjualan baru
- Mencapai segmen pelanggan baru
3. Perusahaan
- Menyewa bakat
- Meningkatkan retensi karyawan
- Meningkatkan berbagai pengetahuan internal
- Meningkatkan komunikasi internal
Membangun brain vision, mengembangkan Brand position dan mengkomunikasikan brand position melalui brand Awarness dan brand loyality.
bersambung...
Komentar
Posting Komentar