sambungan
Rumah sakit dapat meningkatkan brand baik serta sukses dengan menggunakan semua strategi komunikasi untuk membantu pencapaian brand vision, menjadikan brain position sebagai dasar utama dalam menentukan jenis komunikasi yang akan diimplementasikan. Juga menggunakan integrated marketing communication adalah usaha demi mendapatkan return yang optimal.
Strategi komunikasi modern dan sangat murah saat ini adalah melalui intenet. Dari data world bank November 2009 pengguna internet dalam populasi negara pada tahun 2008 sekitar Cina 23 %, Thailand 20%, Indonesia 13% dan India 7 %.
Di Indonesia bahkan diberbagai belahan dunia saat ini masyarakat sedang menggandrungi jejaring sosial diantaranya facebook dan Twitterd kita sebut sosial media. Pada awalnya pembentukan kedua jejaring sosial itu adalah untuk bersilaturrahmi antar pengguna dan mengumpulkan teman sebanyak mungkin untuk saling bertukar fikiran dan pengalamam. Perubahan cara berdialog traditional online menjadi Sosial media adalah karena social media berfokus kepada bagaimana membentuk dan mempublikasikan dialog diantara banyak pihak dimana komunitas berperan dalam dialog.
Saat ini tinggal bagaimana kita memanfaatkan peluang yang sangat besar ini untuk kita jadikan sarana yang efektif, akuran dan sangat murah untuk mem branding perusahaan dan produk.
Selain daripada itu menurut Larry Weber, Chairman, W2 group, dalam bukunya “ Marketing to the ocial Web” menyebutkan “… the social web will become the primary center of actifity for whatever you do when when you shop, plan, learn, or communicate. It may not take over your entire life (one hopes), but it will be the first place you turn for news, information, entertainment, diversion ” artinya “web sosial akan menjadi pusat utama aktifitas untuk apa pun yang Anda lakukan ketika saat anda berbelanja, rencana, belajar, atau berkomunikasi. Ini mungkin tidak mengambil alih seluruh hidup anda (satu harapan), tetapi akan menjadi tempat pertama Anda menghidupkan berita, informasi, hiburan, pengalihan "
Peran Sosial Media Bagi Rumah Sakit
Saat ini telah terjadi perubahan atau pergeseran cara berdialog antara rumah sakit dengan masarakat terlebih dengan hadirnya Sosial media. Beberapa waktu sebelumnyacara berdialog mereka menggunakan cara tradisional oline yang berfokus kepada bagaimana membuat pesan institusi lalu distribusi secara masal kepada pelanggan
Saat ini sosial media sangat berperan dalam mewarnai cara berdialog antara rumah sakit dengan masyarakat. Sosial Media berfokus pada membentuk dan mempublikasikan dialog antara banyak fihak dimana komunitas berperan pada dialog. Sosial Media yang banyak dikenal di Indonesia diantaranya Facebook, Twitter, You Tube, Wikipedia dan Blogs. Prosentase pengguna jaringan sosial adalah 53% usia 12-17 tahun, 54 % usia 18-29 tahun, 43 % usia 30-44 tahun, 28 % usia 45-59 tahun dan 22% usia 60 tahu keatas.
Manfaat Sosial Media Bagi Rumah Sakit
1. Mendengarkan-menggunakan media sosial sebagai penelitian real time dan mendapatkan wawasan dari mendengarkan pelanggan
2. Berbicara-menggunakan percakapan dengan pelanggan untuk mempromosikan produk atau jasa
3. Energi-membangun merek kepengurusan, dan mengidentifikasi pelanggan antusias dan menggunakan mereka untuk membujuk orang lain.
4. Pendukung-Tanda memungkinkan bagi pelanggan untuk saling membantu
5. Merangkul-mengubah pelanggan menjadi sumber daya untuk inovasi
Tren Sosial Media saat ini adalah :
1. Konsumen lebih mempercayai antar mereka sehingga mulai kurang kepercayaan atah komunikasi perusahaan
2. Studi Forrester mengungkapkan bahwa kepercayaan konsumen atas iklan turun 41 % dalam 3 tahun, 69% yang tertarik akan layanan bukan dari iklan
3. 92 % dari Word Of Mouth(WOM) cara yang terbaik dalam mencari produk baru dan kebanyakan orang lebih percaya kepada forum diskusi/wikis/blog daripada iklan. 7 % peningkatan WOM menambah 1% pertumbuhan perusahaan dan 2 % pengurangan pada negative WOM meningkatkan pertumbuhan penjualan 1%.
Sebagai hasilnya bagi perusahaan rata-ratanya adalah peningkatan 1% dar WOM advocacy sama dengan $ 16M tambahan penjualan dan pengurangan 1% in negative WOM sama dengan $ 49M penjualan tambahan
Sosial Media berguna bagi Rumah Sakit diantaranya untuk :
1. Layanan Pelanggan à Titik kontak lain untuk pelanggan kami
2. Kewirausahaan à Orang-orang dalam komunitas fisik kita berada di situs ini
3. Pendidikan à Sebuah perpanjangan alami dari upaya kami untuk mencapai & mengajar
4. Hubungan masyarakat àMedia ini untuk mencari cerita & sumber
Komentar
Posting Komentar